1.760 ORANG BEROBAT DI GUA MARIA KEREP AMBARAWA


PASIEN LANSIA: Beberapa pasien lansia memanfaatkan pengobatan gratis GMKA. (Foto: Elwin)


UNTUK kali ke-10, Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA) mengadakan pengobatan gratis bagi warga masyarakat Ambarawa dan sekitarnya, Sabtu-Minggu (10-11/2). Kegiatan ini dibuka oleh Bapa Uskup Mgr Robertus Rubiyatmoko dengan pemukulan kenthongan.
Kegiatan sosial ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Orang Sakit Sedunia ke-26, setiap tanggal 11 Februari. Ada 1.760 orang yang memanfaatkan pengobatan gratis ini.
Ketua panitia, dokter Yosef Purwono Mkes SpPD K-Ger mengatakan kegiatan sosial ini melibatkan tim medis 104 orang, meliputi dokter umum, spesialis dan konsultan, dokter gigi, psikolog dan akupunkturis.
“Selain tim medis, ada pula paramedis terdiri dari para perawat dari seksi kesehatan paroki Ambarawa, perawat dari RS Ambarawa, RS Elisabeth dan RS Panti Wilasa dr Cipto Semarang. Dan dibantu tenaga farmasi oleh apoteker dari Ambarawa didukung para asisten apoteker dan para mahasiswa AkFar Nusa Putera, SMK, Akademi Farmasi Theresiana dan STIFAR Yayasan Farmasi. Kita juga dibantu Ibu-ibu Wanita Katholik paroki Ambarawa,” ucap dokter Yosef.
Pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan dan pengobatan umum, gigi, spesialistik (Internistik, Obs-gyn, Anak, bedah, THT, Mata, Kulit, Rehabilitasi Medik, Neurologik, Psikiatrik), konsultasi psikologik (dari staf pengajar Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata), pemeriksaan EKG dan USG, juga pemeriksaan gula darah.
“Kegiatan sosial ini rupanya juga berdampak positif bagi penjual makanan di Pujasera GMKA. Ada pemerataan pendapatan rata-rata Rp. 600.000an yang mereka dapat,” ujar dokter Yosef. # Elwin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar